Selasa, 28 April 2020

PENGGALANG RAMU

PENGGALANG RAMU




PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 7 / I
Waktu            : 2 x 35

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
        1.    Mengapresiasikan dan mengekspresikan diri melalui perilaku penggalang Ramu.

C.     Sasaran
1.    Melaksanakan latihan dengan rutin.
2.    Mengucapkan salam Pramuka.
3.    Menyebutkan macam salam pramuka.
4.    Menjelaskan pengertian salam pramuka.
5.    Menyebutkan kegunaan salam salam pramuka
6.    Menyebutkan tanda-tanda pengenal Kepramukaan.
7.    Menyebutkan kegunaan kesehatan badan.
8.    Membiasakan diri untuk menabun.
9.    Membiasakan diri untuk membayar uan iuran.

D.     Substansi Kegiatan
        -     Buku absensi
-    Tanda-tanda kepramukaan
-    Buku tabungan
-    Buku kas

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Kegiatan Awal     :
1.    Menyiapkan siswa dalam kegiatan.
2.    Tanya jawab tentang salam pramuka, tanda – tanda kepramukaan, kegunaan kesehatan, menabung.
    Kegiatan Inti    :
        ( Pertemuan I )
1.    Pembagian regu dan memilih ketua regu.
2.    Menyebutkan pengertian salam pramuka.
3.    Menyebutkan macam – macam salam pramuka.
4.    mempresentasikan salam tongkat dengan benar.
5.    Mengucapkan salam pramuka dengan benar.
   
        ( Pertemuan II )
1.    Mengapresiasikan cara berpakaian yang rapi.
2.    Menyebutkan tanda pengenal kepramukaan.
3.    Menyebutkan manfaat dan kegunaan kegunaan kesehatan badan
4.    Menyebutkan manfaat menabung.
5.    Membiasakan diri menabung dengan rutin
6.    Menyebutkan kegunaan iuran
7.    Membiasakan diri membayar iuran rutin
    Kegiatan Penutup
1.    Menyimpulkan substansi kegiatan yang telah dilakukan :
-    Salam Pramuka
-    Macam – macam salam
-    Cara berpakaian yang rapi
-    Tanda-tanda pengenal kepramukaan
-    Kegunaan dan manfaat kesehatan.
-    Kegunaan iuran.
        2.    Mengevaluasi :
-    Cara mengucapkan salam pramuka dengan benar.
-    Tanda-tanda penenal kepramukaan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        : 2 x pertemuan
        Tempat        :

G.     Sarana   
        Bendera, Tongkat, Tanda pengenal Kepramukaan, buku absensi, buku iuran.

   
















   



PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 7 / I
Waktu            : 2 x 35

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
        2.    Mengamalkan Dasa Dharma, Tri Satya, dan Pancasila dalam kehidupan sehari –  hari.

C.     Sasaran
1.    Memahami isi Dasa Dharma, Tri Satya.
2.    Menghayati isi Dasa Dharma, Tri Satya.
3.    Mengamalkan isi Dasa Dharma, Tri Satya.

D.     Substansi Kegiatan
-    Tri Satya
-    Dasa Dharma

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Kegiatan Awal     :
1.    Upacara Pembukaan.
2.    Berdo’a bersama.
3.    Penjelasan isi Tri Satya dan Dasa Dharma.
    Kegiatan Inti    :
1.    Menghafal Tri Satya.
2.    Menghafal Dasa Dharma.
    Kegiatan Penutup
        1.     Ujian SKU No. 2

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
        -    Buku Saku Pramuka
        -    Buku  SKU   









PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 7 / I
Waktu            : 2 x 35

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
        2.    Mengamalkan Dasa Dharma, Tri Satya, dan Pancasila dalam kehidupan sehari –  hari.

C.     Sasaran
1.    Hafal Pancasila dan tahu artinya.

D.     Substansi Kegiatan
-    Tahu sejarah lahirnya Pancasila
-    Penjabaran butir-butir pancasila
-    Penucapan satu persatu butir-butir pancasila

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Membawa buku sejarah yang bermuat sejarah Pancasila.
-    Pemaparan sejarah
-    Pengucapan butir-butir pancasila.
-    Penghafalan butir-butir pancasila.
-    Penjabaran butir-butir Pancasila.
-    Pengupasan butir-butir pancasila.
-    Evaluasi

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
        Ruang belajar, buku sejarah, alat tulis.













PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 7 / II
Waktu            : 2 x 35

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
        3.    Menjelaskan arti symbol-simbol dalam negara NKRI ( Bendera, lagu, lambang, dll)

C.     Sasaran
1.    Mengetahui sejarah lagu Indonesia Raya.
2.    Mengetahui sejarah bendera Merah Putih.
3.    Mengetahui lambing GP

D.     Substansi Kegiatan
-    Tahu arti lambing Gerakan Pramuka
-    Tahu cara menggunakan Bendera Kebangsaan Indonesia, hafal lagunya.
-    Tahu kapan dan dimana untuk dinyanyikan.

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Memberi tahu arti Tunas Kelapa
-    Memberi tahu sejarah Tunas Kelapa
-    Memberi tahu manfaat Tunas Kelapa
-    Tahu Penggunaan Bendera Merah Putih
-    Tahu Cara mengibarkan Bendera Merah Putih
-    Tahu dimana tempat untuk menibarkan
-    Tahu cara penghormatan bendera Merah Putih
-    Memberi tahu sejarah lagu kebangsaan Indonesia Raya.
-    Untuk menyanyikan lagu kebangsaan
-    Memberi tahu penciptanyaMenghafal lagu kebangsaan minimal 3
-    Tahu tempat dimana untuk menyanyikan lau kebangsaan.

 F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Lamban Tunas Kelapa
-    Bendera Merah Putih
-    Kaset Lagu-lagu kebangsaan Indonesia Raya.






PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :7, / I
Waktu            : 3 x Pertemuan ( 3 x 3 @ 35 menit )

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
        4.    Menimplementasikan kegiatan Kepramukaan dalam kehidupan sehari – hari.

C.     Sasaran / Indikator
1.    Bisa berbahasa Indonesia yang benar pada saat mengikuti  latihan.
2.    Bisa berbahasa Indonesia yang baik, sopan sesama teman, kakak pembina pada saat latihan pramuka.
3.    Menyebutkan nomer gudep pangkalan tempat latihan.
4.    Menjelaskan struktur organisasi pada gudep pangkalan tempat latihan.
5.    Menyebutkan nama Ka. Mabigus, Kakak-kakak pembina digudep
6.    Menyebutkan berapa Pa/Pi dalam gudep
7.    Menjelaskan struktur organisasi gudep
8.    Menjelaskan tanda-tanda pengenal / atribut  yang dipakai pada seragam pramuka penggalang.
9.    Menyebutkan tanda-tanda pengenal dalam gudep
10.    Menyampaikan sberita secara lesan kepada kakak pembina perihal teman yang sakit tidak masuk latihan.
11.    Menceritakan keterlambatan datang latihan pramuka.

D.     Substansi Kegiatan
Materi Kegiatan :
-    ( 8 ) Biasa berbahasa Indonesia diwaktu mengikuti pertemuan 2 penggalang.
-    ( 9 ) Tahu struktur organisasi dan tanda 2 pengenal dalam gudep.
-    ( 13 )  Dapat menyampaikan berita secara lisan.

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Langkah awal     :
-    Upacara pembukaan latihan pengalang bentuk angkare
-     Petugas dari regu yang sudah ditunjuk untuk melaksanakan

    Penyampaian materi    :
-    Secara lesan beberapa anak diajak berkomunikasi dengan mengunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada teman, kakak pembina
-    Kakak pembina menyebutkan dan menjelaskan struktur orgsanisasi dan tanda pengenal dalam gudep denan gambar yang ada di gudep
-    Penyampaian berita secara lesan yang benar


F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        : 3 x pertemuan
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Gb. Papan struktur organisasi gudep
-    Gb. Atribut penggalang
-    Contoh – contoh pakaian seragam pramuka pa + pi beserta atribut yang lengkap







































PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 7 / II
Waktu            : 3  x Pertemuan

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
4.    Mengimplementasikan kegiatan kepramukaan dalam kehidupan sehari – hari.

C.     Sasaran
1.    Baris – berbaris
2.    Arah mata angin
3.    Menggunakan kompas
4.    Membuat simpul
5.    Menyusuk tali

D.     Substansi Kegiatan
    Berbaris
    Menunjuk sedikitnya 6 arah mata angin, menggunakan kompas, mambaca jam
    Membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyaman, simpul tiang, simpul pangkal, dan menyusuk tali

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Pertemuan I     :
-    Diawali denan bernyanyi
-    Melakukan baris – berbaris satu persatu
-    Melakukan baris – berbaris tiap regu
        -    Diakhiri dengan permainan
   
    Pertemuan II    :
-    Diawali denan macam tepuk
-    Menggambar arah mata angin
-    Menunjukkan arah mata angin
-    Menggunakan kompas
-    Diakhiri denan bernyanyi bersama
   
    Pertemuan III
-    Diawali dengan permainan
-    Membuat simpul – simpul
-    Menggunakan ssimpul – simpul
-    Diakhiri dengan bernyanyi


F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Kompas
-    Gb. Arah mata angin
-    Tali
-    Buku SKU








PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 7 / Ganjil
Waktu            : 2 x 35 menit

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
5.    Mengimplementasikan kegiatan kepramukaan sehari – hari

C.     Sasaran / Indikator
-    Anak didik dapat menyimpulkan keterangan untuk memperoleh pertolonan pertama pada kecelakaan ( 14 )
-    Anak didik dapat melaporkannya kepada dokter, rumah sakit, pamon praja, polisi atau  keluarga korban.
-    Untuk anak didik putrid dapat mengatur meja makanan, atau menghidangkan minuman dan makanan kecil pada tamu ( 16 )
-    Untuk anak didik putra dapat membuat 2 macam hasta karya dengan macam bahan yang berbeda

D.     Substansi Kegiatan
1.    Mengumpulkan seluruh peserta didik untuk ikut serta dalam memberikan bantuan saat menolong korban kecelakaan
2.    Memberi tahu kepada keluarga korban, polisi atau kerumah sakit terdekat
3.    Memberikan pertolongan pertama pada saat kecelakaan misalnya memberi minum air putih pada korban
4.    Meletakan korban pada tempat yang aman dan nyaman

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Langkah – langkah awal        :
-    Membuat tandu
-    Menyediakan alat-alat P3K ( obat-obatan )
-    Menyediakan alat komunikasi  berupa ponsel / HP

    Kegiatan Inti    :
-    Anak didik memeragakan tentang peristiwa kecelakaan
-    Sebagian/salah satu anak didik kita peragakan untuk menjadi korban dan yang lain sebaai penolongnya.

    Kegiatan Penutup
-    Melakukan upacara penutupan


F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Tongkat
-    Tali parmuka
-    Kotak P3K
-    Kain kasa




PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 7 / I
Waktu            : 2 x 35

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Ramu.

B.    Kompetensi Dasar
        5.    Mengimplementasikan kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari – hari

C.     Sasaran / Indikator
1.    Mengucapkan kalimat syahadat
2.    Menucapkan arti kalimat syahadat
3.    Menyebutkan rukun iman
4.    Menyebutkan rukun islam
5.    Melaksanakan sholat
6.    menyebutkanrukun sholat
7.    Melakukan sholat berjamaah

D.     Substansi Kegiatan
    Dapat mengucap kalimat syahadat dan tahu artinya.
    Mengerti rukun iman dan rukun islam
    Melakukan sholat berjamaah

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Pertemuan I     :
1.    Berdoa bersama
2.    Menucapkan 2 kalimat syahadat ada 2
3.    Mengucapkan kalimat  syahadat bersama
4.    Mengucapkan arti kalimat syahadat
5.    Mengucapkan kalimat syahadat satu persatu
6.    Diakhiri denan bernyanyi

    Pertemuan II     :
        1.    Bernyanyi bersama dengan bertepuk
        2.    Menyebutkan rukun iman
        3.     Menyebutkan rukun iman satu persatu
        4.    Menyebutkan rukun islam
        5.     Menghafalkan rukun islam
6.    Diakhiri dengan bernyanyi bersama dan permainan
   
    Pertemuan III
1.    Bernyanyi tentang shalat 5 waktu
2.    Melaksanakan sholat
3.    Menyebutkan rukun sholat
4.    Melakukan shalat berjamaah
5.    Diakhiri dengan permainan dan do,a

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Buku SKU
-    Gb. Tentang tata cara shalat
-    Buku tulis
-    Mukena
-    Air