Minggu, 26 April 2020

Cara Instal Aplikasi Dapodik Terbaru 2016

Cara Instal Aplikasi Dapodik Terbaru 2016 | Aplikasi dapodik terbaru 2016 memang dikabarkan akan mengalami banyak perubahan. Selain aplikasi dapodik 2016 digunakan oleh semua satuan pendidikan mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA, aplikasi dapodik 2016 juga mengalami penambahan dan pengurangan fitur-fitur tertentu. Namun meskipun demikian, fungsinya masih tetap sama yaitu sebagai pusat pengolahan data sekolah.

Secara teknis dasar, cara instal dapodik terbaru 2016 juga sama dengan aplikasi dapodik sebelumnya. Jadi para operator sekolah tidak perlu dibuat panik dan bingung dengan aplikasi dapodik terbaru ini. Namun ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum menginstal aplikasi dapodik terbaru 2016, yaitu :
  1. Komputer atau laptop anda harus memenuhi syarat minimal, silakan baca Perubahan Pada Aplikasi Dapodik 2016
  2. Anda harus mempersiapkan kode registrasi (jika hilang atau tidak ingat silakan minta ke operator dapodik kecamatan)
  3. Anda harus mendownload aplikasi dapodik terbaru, untuk mendownloadnya di situs resmi dapodik. Sampai ditulisnya artikel ini, aplikasi belum resmi di rilis, namun Insya Allah aplikasi dapodik bisa diunduh di sini.
  4. Anda harus mendownload data prefil terlebih dahulu (jika akan melakukan registrasi secara ofline, tapi jika melakukan registrasi secara online maka tidak memerlukan data prefil)
 memang dikabarkan akan mengalami banyak perubahan Cara Instal Aplikasi Dapodik Terbaru 2016

Cara Instal Aplikasi Dapodik 2016

Untuk menginstal aplikasi dapodik 2016, diperkirakan masih sama dengan apliaksi dapodik sebelumnya yaitu melalui 2 tahapan :
- tahap 1 instap aplikasi
- tahap 2 melakukan registrasi

Tahap 1 (instal aplikasi dapodik) bisa anda lakukan apabila anda sudah mendownload aplikasi dapodik dari link http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Setelah itu silakan anda jalankan file exe seperti biasa. Proses intalasi akan memakan waktu beberapa menit.

Tahap 2, setelah anda berhasil menginstal aplikasi dapodik selanjutnya adalah melakukan registrasi. Proses registrasi ini adalah untuk memasukkan data ke dalam aplikasi dapodik terbaru anda. Data yang dimaksud bisa bersumber dari data prefill yang sudah anda download melalui link http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik atau anda melaukan registrasi online sehingga aplikasi dapodik akan otomatis mengambil data dari sever pusat saat melakukan registrasi.

Nah itulah penjelasan singkat tentang cara menginstal aplikasi dapodik terbaru 2016 sebagai langkah awal persiapan menyambut aplikasi dapodik 2016. Untuk lebih jelasnya, silakan anda baca panduan menginstal aplikasi dapodik terbaru 2016 lengkap degan gambar.